Sunday, December 03, 2006

Pirates

Kembali ke tahun 88'an lah, pas saya SMP, kayanya kelas 2, waktu itu komputer masih XT dan monitor masih CGA (berwarna tapi kalo tidak salah hanya sekitar 16 warna).

Salah satu game komputer yang waktu itu saya mainkan adalah 'Pirates' selain 'King's Quest' yang waktu itu jadi 'most played game'nya. Saya juga lupa kapan akhirnya saya berhenti memainkan game-game itu, mungkin karena mulai 'beger' dan mulai lebih senang nge'gank' lalu lebih banyak atensi ke lawan jenis. Akhirnya kenal lagi komputer pertengahan TPB (tahun pertama kuliah) sampai Riko harus ngajarin saya cara makai 'mouse' dan gimana nge'double click'.

Back to 'pirates', kemarin ini saya di internet cari-cari program antivirus lama yang masih bisa diinstal via disket, dengan keyword 'dos antivirus' eh kok salah satu hasilnya muncul 'old dos games' ketika diakses, muncul halaman yang diantaranya memuat 'download' gratis si game 'pirates' tadi. Iseng saya ambil, ekstrak dan mainkan.

Bodor juga, dengan hanya 730 KB, 1 disket aja tidak full, game ini bisa dimainkan sampai berminggu-minggu, nggak kalah sama game sekarang yang sampai 3 cd installernya doang. Ceritanya kita jadi bajak laut, bisa juga memilih jadi 'privateer' berbendera salah satu negara yang berekspansi ke kawasan teluk Karibia era 1600an. Ada Inggris, Spanyol, Belanda dan Perancis. Benchmark game ini bukan berupa point, tapi pangkat serta hadiah uang dan tanah yang diberikan dari negara tempat kita 'mengabdi', mulai dari 'Ensign' sampai 'Duke' yang tertinggi. Terakhir ketika kita selesaikan gamenya, kita akan dianugerahi karir 'darat' mulai dari copet sampai penasehat raja, ada sekitar 20an tingkat, tergantung prestasi kita saat di 'laut'

Yang paling menarik ketika memainkan game ini adalah ketika menyadari bahwa pola pikir saya berubah, dulu ketika SMP, hanya terpikir untuk memainkan game ini dengan cara mengabdi pada 1 negara saja. Bisa sampai bergelar 'Duke' tapi anehnya dengan gelar tersebut, ketika menyelesaikan game, karir 'darat' cuma mentok sampai jadi pedagang atau bartender sekitar 8-10 tingkat dari tingkat terbawah.

Sekarang begitu main, langsung sadar bahwa ternyata kita bisa mengabdi sekaligus ke beberapa negara, tergantung kondisi. Kadang satu negara dengan yang lain saling berperang, tinggal kita memilih mana yang bisa memberikan kenaikan pangkat serta menghasilkan uang lebih cepat, hingga kadang kita terpaksa membelot dari satu negara ke negara lain. Setelah beberapa minggu main kalau pas santai, saya bisa mencapai gelar 'Duke' dari Belanda, 'Baron' dari Inggris, serta 'Count' dari Spanyol dan Perancis. Pas diselesaikan, memang karir 'darat' bisa mencapai penasehat raja atau minimal gubernur.

Ternyata saya sudah jauh lebih oportunis daripada jaman SMP. Atau kalau dibalik, harusnya pas jaman SMP saya sudah tahu cara memainkan game ini dengan cara sekarang. Jadi oportunis lebih cepat dan mungkin bakal punya 'life achievement' yang lebih bagus.

Ini game hebat, menanamkan oportunis dari kecil. Anak saya nanti harus main game ini.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home