Tuesday, October 23, 2007

Kagum

Walaupun satu rumpun sama ribuan bahkan jutaan orang yang kemarin mudik ke arah timur Jawa, ada satu falsafah jawa yang sulit saya terapkan. Namanya ojo gumun, jangan mudah kagum. Entah kenapa mbah-mbah dulu mengatur begitu. Mungkin kagum identik mangap lalu lalat bisa nyelonong masuk menularkan kolera.

Saya mudah sekali kagum, utamanya terhadap sesuatu yang saya pasti tidak kapabel. Sebaliknya saya akan sangat menyepelekan dan menganggap enteng segala sesuatu yang saya pasti bisa atau kelihatannya saya bisa.

Paling gampang, tiap buka situs pertemanan terkenal itu, saya selalu terkagum-kagum dengan foto kawan yang berlatar belakang negeri seberang. Terus terang, sudah banyak usaha saya untuk bisa ke luar negeri tapi sejauh ini kok gagal semua. Saya kagum sama kawan yang berangkat untuk kuliah ataupun kerja. Pada yang berangkat atas biaya bapak moyangnya, saya juga kagum, bapak saya yang sering wira-wiri 4 benua (rasanya belum pernah berangkat ke Afrika), perginya pasti 'Abidin' jadi walaupun dulu belum jaman KPK atau Timtastipikor, tidak sudi nenteng anak-cucu ikut berangkat. Belum lagi sekarang sudah pangsun. Yang berangkat dengan ongkos mertua pun saya kagumi, bukan kenapa-kenapa, saya sudah coba pilih mertua yang sering mundar-mandir luar negeri, tapi yang mbuntut tetap cuma anaknya. Mantunya sih tidak katut.

Saya juga sering kagum juga sama kawan yang gajinya 7 digit rupiah tapi bisa nyicil mobil idaman saya si Livina the Innova killer itu. Itung-itungan saya yang gajinya kadang sampai 8 digit saja tidak berani. Tempat kerja saya, bosnya juga tidak berani cicil mobil baru, takut ada pengeluaran tidak terduga. Bos tempat saya kerja itu juga tidak mampu berangkat ke luar negeri. Sayang duit katanya, mending buat investasi lain. (nah apalagi memberangkatkan karyawan ke luar negeri). Beginilah nasib kerja mem'bos'i diri sendiri.

Terakhir ketika bekerja di sebuah perusahaan teknologi informasi, saya terkagum-kagum pada supervisor kiriman pusat yang umurnya kira-kira 10 tahun lebih muda dari saya. Ia sanggup menjual produk yang sistemnya revenue bulanan, sebesar Rp.30.juta tiap bulannya. Atau Rp.360.juta tiap tahunnya. Sementara saya selama 3 bulan bekerja, hanya bisa menjual lebih kurang Rp.150.ribu saja dari 3 pelanggan kelas personal. Gak bakat.

Paling akhir saya sedang kagum sama Dhani Ahmad pentolan grup musik Dewa itu. Dari dulu saya yakin dia ini jenius di bidangnya. Terlebih mencipta lagu. Dulu saya pernah mencoba bikin lagu, dalam rangka lomba cipta lagu remaja. Temanya JJS atau jalan-jalan sore. Tetangga saya sampai hari ini, 18 atau 19 tahun setelahnya, masih sering mentertawakan karya saya tersebut, tapi herannya dia ingat sampai lirik-liriknya. Mungkin diam-diam dia suka.

Back to Dhani Ahmad, orang ini kok bisa ya, tetap bikin lagu-lagu bagus sementara hidupnya sedang banyak konflik. Saya untuk iseng tulis blog saja harus benar-benar pikiran bening, itupun hasilnya ramutu. Begitu ada kerjaan mendesak, boro-boro ingin tulis blog, ajakan ngobrol istri saja kadang tidak tertanggapi. Ajakan yang lain biasanya masih ditanggapi. Nge-blog biasanya iseng begitu kurang proyek seperti saat ini. Begitu terlalu lama kurang proyek, tidak akan tulis blog. Stres. Itu sebabnya saya kagum sama pemilik blog-blog yang berurut di tepi kanan halaman muka blog ini. Mereka orang-orang kerja 'beneran' dengan tingkat kesulitan kerja yang bukan mudah tapi masih sempat bikin blog yang bermutu.

Tidak macam blog ini.


8 Comments:

Blogger Irsan said...

lu bikin lagu?? wow surpise gw.... itu waktu masanya Abi Le Bon tea euy?

9:47 AM  
Anonymous Anonymous said...

Mau denger lagunya? bayar si Bison geura suruh nyanyi ha ha ha... gua aja udah gak apal, kok dia masih inget.

11:03 PM  
Anonymous Anonymous said...

"ada satu falsafah jawa yang sulit saya terapkan. Namanya ojo gumun, jangan mudah kagum. Entah kenapa mbah-mbah dulu mengatur begitu"

Mbah-mbah dulu udah tau Bi, kalo kagum jangan sama 'personal'-nya alias orangnya. Karena 'nasib baik' dan kerjasama alam semesta itu lebih penting untuk membuat orang menjadi yang kita kagum-kagumi itu. Jika ada yang bilang, kesuksesan itu 90% kerja keras dan 10% keberuntungan, aku termasuk yang agak kurang setuju. Menurutku kerja keras 50% dan faktor keberuntungan 100% ...ha...ha...

Buktinya elu sendiri kan?... Bakat, keahlian dan kecerdasan jauh di atas rata-rata. Banting tulang dan lemak nya udah 100%. Sekarang tinggal memancing faktor 'luck' saja ... ha...ha....

9:43 PM  
Anonymous Anonymous said...

Gw juga kagum ama orang muda yang berani bisnis, itu adalah karya tertinggi dari suatu pekerjaan.

Emang orang ngga pernah puas.

Keep writing Bi... and btw gw juga gumun kok loe bisa nulis2 kaya gini.

-Archa-

Oh.. ya.. Bayu Murti juga gumun he3x... ama ability loe.

9:54 PM  
Anonymous Anonymous said...

Sok atuh Bi, dibeli aja Livina nya ... gak usah nyicil-nyicil sagala ... Ceuk si Bison pan duit maneh sakarung ...

12:00 PM  
Anonymous Anonymous said...

Amiin Q... amiiin...

AMMMIIIINNNNN!!!!!

2:00 PM  
Blogger Ayah Rachel said...

Saya juga kagum dengan Anda yang bisa menulis begitu blak-blakan dan segar. Matur nuwun :)

6:24 PM  
Anonymous Anonymous said...

@ayah rachel:maturnuwun mampiripun pak, salam kenal.

9:50 AM  

Post a Comment

<< Home